Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Fungsi Tripmeter pada Speedometer Mobil yang Penting Saat Berkendara

Fungsi Tripmeter – Multi Information Display (MDI) atau tripmeter adalah suatu fungsi indikator untuk mengetahui informasi tambahan bagi para pengendara mobil supaya bisa mengetahui penggunaan bahan bakar beserta informasi jarak antar titik daerah tujuan yang satu dengan titik jarak daerah tujuan lainnya.

Umunya multi information display atau tripmeter letaknya bersamaan dengan speedometer, fuel meter, tachometer temperature mesin, odometer dan lain sebagainya. Posisi dari tripmeter ini letaknya berbeda-beda, ada yang di atas, ada di bawah. Namun setiap merek mobil model tertentu sebenarnya mempunyai fungsi yang sama.

Dewasa ini hampir semua mobil keluaran baru dipasaran indoneisa, telah melengkapi produk mereka dengan fitur multi information display atau tripmeter. Layar digital ini berguna untuk memudahkan pengendara dalam mendapatkan informasi tambahan secara tepat.

Umumnya fitur tersebut terletak di depan setir kemudi mobil bersamaan dengan speedometer, fuel meter, tachometer temperatur mesin, odometer dan fitur lain yang ada di depan setir pengemudi pada mobil.

Fungsi Tripmeter - Multi Information Display (MDI) atau tripmeter adalah suatu fungsi indikator untuk mengetahui informasi tambahan bagi para pengendara mobil supaya bisa mengetahui penggunaan bahan bakar beserta informasi jarak antar titik daerah tujuan yang satu dengan titik jarak daerah tujuan lainnya.
Ilustrasi tripmeter mobil, sumber: rallycomputer.com

Untuk letak pastinya, tentu tiap mobil berbeda, tapi secara fungsional memiliki kesamaan. Data atau informasi yang diberikan oleh tripmeter seputar konsumsi bahan bakar dan jarak tempuh kendaraan, baik secara keseluruhan maupun dari titik tertentu.

Pada beberapa mobil ada yang menyematkan informasi tambahan lain, seperti gaya berkendara, jam sampai keadaan ban secara real time. Meskipun begitu, fungsi trip meter atau MID tetap sama. Adapun informasi yang tertera pada MDI ialah range, AVG, Trip A dan Trip B, outside temperature serta odometer.

4 Fungsi Trip Meter Mobil

Fungsi tripmeter pada mobil adalah untuk memberikan informasi kepada pengendara mengenai penggunaan bahan bakar, jarak tempuh dan kondisi mobil dari aspek tertentu. Berikut ini beberapa fungsi tripmeter lain yang perlu Anda ketahui. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

1. Range

Range merupakan sebuah fungsi tripmeter dalam bentuk indikator yang memberikan informasi mengenai jumlah sisa bahan bakar pada tangki. Biasanya, satuan hitung yang digunakan dalam ini adalah kilometer atau KM.

Contoh, apabila indikator range memperlihatkan angka 150 km, maka secara ideal dengan ketersediaan bahan yang ada tersebut pengendara bisa menjalankan mobil hingga jarak yang ditampilkan oleh indikator range tadi tanpa perlu untuk mengisi bahan bakar lagi.

Namun, hal itu tidak bisa Anda jadikan patokan mutlak, sebab itu hanya sebuah perkiraan saja. Untuk itu, lebih baik Anda melakukan tindakan antisipasi untuk menghindari hal yang tidak mengenakan jika tidak sesuai dengan perkiraan range tersebut.

Range merupakan sebuah fungsi tripmeter dalam bentuk indikator yang memberikan informasi mengenai jumlah sisa bahan bakar pada tangki. Biasanya, satuan hitung yang digunakan dalam ini adalah kilometer atau KM.
Ketahui cara membaca petunjuk pada speedomter, sumber: roadracerz.com

Sebab bisa jadi, bensin yang tersedia lebih dahulu habisnya walaupun belum mencapai jarak yang ditunjukkan oleh indikator range, atau disebabkan oleh gaya mengemudi yang lambat dan cepat dan bisa juga disebabkan oleh kondisi lalu lintas seperti macet, turunan, tanjakan dan lainnya.

2. Average

AVG atau biasa disebut average adalah fungsi tripmeter berupa indikator untuk mengetahui rata-rata bensin yang Anda gunakan ketika mengendarai mobil pada jarak tertentu dengan menggunakan metode pengurukan gaya mengemudi.

Sehingga, bisa saja angka yang ditunjukkan berubah suatu saat. Namun keberadaannya cukup membantu Anda untuk mendapatkan informasi konsumsi rata-rata bensin ketika berkemudi.

Apabila dinilai cukup tinggi, betulkan gaya mengemudi Anda. Jika ini memberikan informasi jarak yang sudah ditempuh dalam satuan kilometer. Angka yang tertera akan terus meningkat seiring dengan penggunaan dan tidak bisa direset kecuali pemilik melakukan proses pembongkaran secara ilegal.

Odometer juga bisa saja menjadi salah satu faktor penentu ketika mobil ingin dijual pada pasar kendaraan bekas. Biasanya, jika mobil sudah menempuh jarak 100.000 km harga jual dari mobil tersebut cenderung menurun drastis.

3. Trip A dan B

Fungsi ini bisa digunakan ketika Anda ingin mengukur jarak antara posisi dua titik, misalnya jarak kota A dengan kota B. Tidak sama dengan odometer, fitur ini dilengkapi juga dengan tools reset untuk memperbarui jarak tempuh kembali ke angka nol.

Fungsi ini bisa digunakan ketika Anda ingin mengukur jarak antara posisi dua titik, misalnya jarak kota A dengan kota B. Tidak sama dengan odometer, fitur ini dilengkapi juga dengan tools reset untuk memperbarui jarak tempuh kembali ke angka nol.
Tampilan dari trip A dan B, sumber: pusatsuzuki.com

Misalnya, apabila Anda ingin menghitung jarak tempuh perjalanan saat hendak menuju kota di daerah Jawa Tengah dengan mengambil rute Semarang, Anda atur posisi tripmeter A ke titik nol dan jika ingin mengambil rute yang berbeda, arahkan lagi tombol ke trip B dan reset ke posisi semula. Dengan itu Anda bisa mengukur selisih jarak tempuh kedua rute tersebut.

4. Driving Style Meter

Fungsi dari bagian yang ini adalah untuk mengukur gaya mengendara atau cara mengemudi yang Anda lakukan. Maksudnya adalah, jika Anda sering mengemudikan mobil dengan sering memainkan gas, maka meter km per liternya akan turun. Tampilan dari bagian ini bisa membantu Anda untuk menjaga kestabilan gas atau kecepatan konstan.

Itulah 4 fungsi tripmeter yang sangat perlu Anda ketahui. Tripmeter pada speedometer mobil ini memberikan informasi penting yang sangat Anda butuhkan untuk mengatur, menjaga, mengantisipasi kemungkinan yang bisa terjadi dengan mobil Anda selama di perjalanan.

Untuk Anda yang memiliki jasa sewa menyewa mobil, tentunya mengecek fungsi setiap komponen adalah hal mesti berkala Anda lakukan, termasuk dalam hal ini adalah berfungsinya speedometer agar konsumen mendapatkan kepuasan menggunakan jasa sewa mobil Anda.

Jika Anda ingin mengoptimasi pendapatan bisnis jasa yang Anda miliki, bisa mencoba menggunakan jasa backlink murah pada website perusahaan yang Anda miliki agar website Anda bisa dijangkau dan di akses oleh banyak calon konsumen.

Semoga tulisan singkat kami kali ini bermanfaat bagi pembaca sekalian, untuk melengkapi informasi seputar speedometer lain, Anda bisa membaca tulisan kami yang berjudul 5 kerusakan yang sering terjadi pada speedometer digital berikut ini. Sampai jumpa lagi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promo SPD speedometer

Ulasan dari Ridwan Hanif (Youtuber otomotif)