Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Kerusakan pada Mobil yang Sering Terjadi Tiba-Tiba

Setiap masalah yang terjadi secara tiba-tiba pasti selalu tidak mengenakkan. Begitupun jika terjadi kerusakan pada mobil ketika kita sedang atau ingin menggunakannya. Hal tersebut sering membuat kita frustasi dan menyita banyak waktu untuk proses servis dan reparasi.

Dan sudah menjadi sebuah kebiasaan jika terjadi kerusakan pada mobil atau jenis kendaraan pribadi lainnya, orang-orang memilih untuk membawa kendaraan tersebut ke bengkel tanpa tahu penyebab dan masalahnya apa. Padahal biaya yang harus dikeluarkan cukup mahal.

Untuk Anda yang sering menggunakan kendaraan pribadi untuk mobilisasi, penting kiranya mengetahui pemahaman dasar mengenai komponen dan penangan teknis apa yang harus dilakukan jika terjadi masalah di tengah jalan juga perlu dikuasai.

Tujuannya adalah agar ketika Anda mengalami masalah, Anda bisa mencoba memperbaikinya sendiri terlebih dahulu. Apalagi jika masalah itu terjadi di tempat yang jauh dari bengkel dan jauh dari pemukiman.

Padahal, pemahaman dasar-dasar komponen dan juga dasar-dasar perbaikan secara teknis wajib dikuasai, sehingga bila terjadi masalah Anda bisa mencoba memperbaikinya sendiri terlebih dahulu. Namun, bila Anda tidak mampu melakukannya, maka Anda bisa segera membawa mobil ke bengkel terdekat untuk diperbaiki.

 

Setiap masalah yang terjadi secara tiba-tiba pasti selalu tidak mengenakkan. Begitupun jika terjadi kerusakan pada mobil ketika kita sedang atau ingin menggunakannya. Hal tersebut sering membuat kita frustasi dan menyita banyak waktu untuk proses servis dan reparasi.
Mobil rusak sangat mengganggu, sumber: semisena.com

Kerusakan pada Mobil yang Sering Terjadi

Untuk Anda yang belum mengetahui permasalah atau kerusakan apa saja yang sering terjadi pada mobil secara tiba-tiba, informasi di bawah ini bisa menjadi rujukan Anda. Simak sampai selesai ya!

1. Mesin Mobil Sulit Hidup

Kondisi mesin mobil yang sulit hidup ketika dinyalakan pada pagi hari disebabkan oleh suhu yang dingin. Penyebab lain misalnya tegangan arus listrik aki yang kurang atau telah habis dan terminal aki yang kotor dan berkarat.

Bisa juga disebabkan oleh injektor bahan bakar, terlalu renggang jarak antara kepala busi dengan sumbu busi sehingga perlu disetel ulang, kompresi mesin yang terlalu rendah serta masalah pada regulator bahan bakar yang memiliki problem kerusakan.

Selain kondisi suhu mobil yang terlalu dingin, mesin sulit hidup juga terjadi ketika suhunya terlalu panas. Hal ini terjadi ketika Anda melakukan perjalanan jauh kemudian mesin dimatikan karena istirahat atau mesinya mati secara tiba-tiba ketika dikendarai.

Kondisi tersebut terjadi disebabkan oleh kompresi silinder yang rendah, choke bermasalah, injektor yang kotor, saringan udara yang kotor dan tersumbat. Untuk bisa mengatasi masalah tersebut secara mandiri, Anda bisa melengkapi diri Anda dengan informasi mengenai cara mengatasinya.

2. Mesin Mobil Mati Mendadak

Jika Anda pernah mengalami kondisi mobil mati secara tiba-tiba saat berkendara, ketika Anda menghidupkannya lagi mesin mobil tidak mau menyala berarti ada masalah dengan mesin mobil Anda.

Jika keadaan mesin mobil mati mendadak ini terjadi hanya sesekali saja tentu tidak menjadi masalah. Namun, berbeda ceritanya apabila terjadi sering kali dan berulang kali saat Anda mengemudikannya selalu mati mendadak.

Jika Anda pernah mengalami kondisi mobil mati secara tiba-tiba saat berkendara, ketika Anda menghidupkannya lagi mesin mobil tidak mau menyala berarti ada masalah dengan mesin mobil Anda.
Mesin mobil kepanasan, sumber: daihatsu.co.id

Kondisi ini terjadi disebabkan oleh beberapa komponen mesin mengalami kerusakan seperti aki, alternator, kabel yang putus atau kendor serta kemungkinan terjadinya masalah yang serius pada rangakaian pengapian.

3. Mesin Mobil Tak Bertenaga

Kerusakan pada mobil yang sering terjadi tiba-tiba lainya yaitu melemahnya mesin mobil. Jika tenaga mesin mobil tidak seperti biasanya, berarti ada kerusakan pada komponen di bagian mesin.

Sangat bagus kiranya jika mobil Anda dilakukan pengecekan secara menyeluruh, mulai dari timing belt, filter bahan bakar, regulator bahan bakar, saringan bahan bakar yang kotor dan tersumbat.

Selain itu, bisa juga disebabkan oleh vacuum di karburator, inlet manifold, rhrottle body serta selang yang bocor. Pengecekan ini untuk mengetahui sumber kerusakannya ada di mana, sehingga diambil tindakan yang tepat untuk menanganinya.

4. Lampu Indikator Selalu Menyala

Lampu indikator yang terdapat di dashboard adalah penunjuk jalan. Ketika tidak ada perintah yang diberikan, seharusnya lampu indikator tersebut tidak akan menyala.

Apabila lampu ini selalu menyala, seperti sebentar menyala dan sebentar lagi mati dalam waktu yang panjang, kemungkinan besar ada ketidak serasian antara oli yang Anda gunakan dengan spesifikasi mobil Anda.

Cara yang bisa Anda lakukan untuk megatasi masalah tersebut adalah dengan mencoba untuk mengganti oli mobil sesuai dengan spesifikasi atau standar yang direkomendasikan untuk mobil Anda. Jika masih demikian kondisinya, Anda bisa melakukan konsultasi dengan pihak bengkel.

5. AC Mobil Kurang Dingin

Kondisi yang sangat menyebalkan jika Anda mengendarai mobil dalam durasi yang cukup lama, apalagi siang hari namun AC mobil terasa kurang dingin. Hal tersebut membuat siapa saja merasa kepanasan dan kurang nyaman selama perjalanan.

Kondisi AC mobil yang kurang dingin ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti freon AC yang sudah hampir habis, filter AC yang kotor, avaporator kotor, kondesor yang kotor dan motor extra fan mati.

Untuk Anda bisa melakukan pembersihan rutin pada filter kabin mobil. Jika yang Anda lakukan itu tidak membuahkan hasil apa-apa, berarti ada kerusakan yang serius pada AC yang memerlukan penanganan oleh ahlinya. Segera bawa mobil ke bengkel.

6. Speedometer Mati

Speedometer adalah alat yang ada pada kendaraan untuk mengukur kecepatan laju selama dikemudikan. Kerusakan yang terjadi bisa berbentuk jarum penunjuk yang tidak bergerak maju atau bisa juga jarumnya bergerak, tapi bergerak dengan sangat cepat.

Speedometer adalah alat yang ada pada kendaraan untuk mengukur kecepatan laju selama dikemudikan. Kerusakan yang terjadi bisa berbentuk jarum penunjuk yang tidak bergerak maju atau bisa juga jarumnya bergerak, tapi bergerak dengan sangat cepat.
Speedometer mati, sumber: caroline.id

Pada umumnya kerusakan pada speedometer disebabkan oleh tiga poin yaitu adanya masalah sistem kelistrikan, panel speedometer yang mati dan disebabkan oleh sensor speedometer yang rusak.

Untuk itu, yang bisa Anda upayakan adalah dengan mengetahui banyak tentang kelistrikan pada mobil, cara kerja speedometer digital atau analog dan kemampuan lain yang berkenaan dengan problem speedometer yang mati.

Jika Anda tidak bisa memperbaikinya sendiri karena kurangnya pengetahuan tentang kemobilan, Anda bisa menggunakan jasa Kami untuk melakukan perbaikan pada speedometer mobil Anda, jika masih bisa diperbaiki. Jika tidak maka kami sarankan untuk menggantinya dengan spare part yang baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promo SPD speedometer

Ulasan dari Ridwan Hanif (Youtuber otomotif)