Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Speedometer Mobil Digital : Cara Kerja dan Perawatannya

Speedometer Mobil Digital – Speedometer merupakan alat pengukur kecepatan kendaraan darat. Alat ini juga termasuk perlengkapan standar yang umumnya ada pada setiap kendaraan yang sedang beroperasi di jalan.

Speedometer memiliki fungsi agar pengemudi mengetahui kecepatan kendaraan yang dijalankannya. Dengan mengetahui, bisa dijadikan informasi pokok untuk mengendalikan kecepatan laju kendaraan Anda di jalan agar tidak terlalu cepat maupun lambat.

Selain itu, Anda juga bisa mengatur waktu perjalanan dan mengendalikan kelajuan dijalan yang kelajuannya dibatasi. Speedometer turun bersamaan dengan kelajuan kendaraan.

Jenis Speedometer

Speedometer dalam kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) diartikan sebagai alat untuk mengukur kecepatan pada kendaraan.Terdapat dua jenis speedometer, yaitu jenis analog dan digital. Cara kerja kedua jenis ini pun juga tentu tidak sama.

  1. Speedometer Analog

Ilustrasi Speedometer Mobil
Ilustrasi Speedometer Mobil, Sumber : momobil.id

Speedometer jenis analog dalam cara kerjanya menggunakan roda bergigi. Roda bergigi ini terhubung dengan poros roda yang dilengkapi dengan jarum sebagai penunjuk kecepatan saat berkendara.

Speedometer jenis ini mempunyai indikator kecepatan yang menunjukkan angka mulai dari 0 hingga batas maksimum yang terdapat pada kendaraan. Analog jenis ini dioperasikan melalui kabel yang dilengkapi dengan kawat kaca. Adapun harga jual speedometer analog ini bisa dikatakan cukup terjangkau di pasaran.

  1. Speedometer Digital

Speedometer digital dirancang dengan mengkombinasikan pulsa magnetik dan pulser. Pulsa magnetik dan pulser terdapat pada sistem gigi (roda). Cara kerjanya adalah pada saat roda berputar, maka akan melewati sistem gir yang dengannya dapat memutar kawat kopel pada instrument cluster yang terdapat pada mobil.

Pada Instrument cluster dapat dijumpai kawat speedometer yang akan memutar roda berlubang. Optocoupler pada roda tersebut akan menghasilkan sinyal logic 1 dan dapat mengkalkulasi angka. Adapun kelebihan jenis digital yakni dapat membaca angka dengan lebih tepat alias presisi.

Cara perawatan pada kabel komponen ini bisa dibilang cukup mudah, hal ini dikarenakan kabel alat ukur menggunakan jenis sensor optik sehingga tidak memiliki cara khusus yang sulit. Perawatan dapat dilakukan hanya dengan melakukan beberapa hal berikut.

Pertama, dilakukan pengecekan secara rutin dan berkala pada arus tegangan aki (perawatan untuk yang jenis digital). Anda juga perlu memastikan agar tidak terlalu lama mengganti oli saat memang sudah waktunya diganti.

Apabila pergantian oli sering terlambat dan terjadi berulang kali, dampaknya tidak hanya akan mempengaruhi kinerja kabel komponen. Namun hal tersebut juga dapat membuat kendaraan Anda cepat rusak. Di sisi lain, memberikan pelumas pada bagian pertautan gigi secara berkala (perawatan untuk speedometer jenis analog).

Fungsi Speedometer Mobil

Ilustrasi Speedometer Mobil Digital
Ilustrasi Speedometer Mobil Digital, Sumber : mobilbekas.com

Speedometer merupakan perlengkapan yang cukup penting, terlebih peranannya dalam performa mobil Anda. Berikut ini beberapa fungsi dari speedometer mobil.

Pertama, mengontrol kapasitas bahan bakar mobil Anda. Dengan itu, Anda bisa mengupayakan agar membuat mobil irit bahan bakar. Hal itu bisa dilakukan dan dikontrol dengan melihat tampilan pada speedometer itu sendiri.

Selain itu, speedometer juga mempunyai fungsi sebagai komponen yang merupakan panel untuk mengontrol kecepatan mobil Anda. Tidak hanya itu, speedometer berperan sebagai komponen transmisi manual yang digunakan untuk mengetahui posisi transmisi.

Fungsi selanjutnya yaitu sebagai komponen yang digunakan untuk penanda lampu indikator pada bagian depan, bagian lampu sein, dan lainnya. Speedometer juga sebagai komponen yang digunakan untuk mengetahui jarak tempuh mobil Anda.

Terakhir, alat ini berperan sebagai komponen yang digunakan untuk mengukur jarak tempuh mobil Anda ketika menempuh suatu perjalanan dari suatu tempat menuju tujuannya.

Tentu saja, Anda bisa bayangkan dampaknya apabila speedometer mobil mati atau bermasalah. Hal tersebut bisa membuat Anda tidak akan nyaman ketika mengendarainya.

Selain itu, potensi kecelakaan pun akan menjadi besar. Bayangkan saja jika Anda mengendarai mobil Anda di jalan yang ramai namun Anda tidak bisa mengontrol kecepatan, tentu sudah pasti potensi kecelakaan akan lebih besar.

Cara Kerja Speedometer

Ilustrasi Dashboard Mobil
Ilustrasi Dashboard Mobil, Sumber : Raja Mobil

Ada beberapa jenis sensor pengukuran kecepatan, diantaranya yakni sebagai berikut.

  1. Mekanis

Perangkat pengukur kecepatan dihubungkan secara langsung dengan roda depan atau transmisi. Dihubungkan dengan menggunakan suatu kabel yang juga turut berputar saat mobil bergerak. Adapun gerakan berputar ini kemudian diubah untuk menggerakkan jarak kecepatan pada mobil atau kendaraan Anda.

  1. Elektronika

Pengukur kecepatan yang bekerja berdasarkan sensor yang ditempatkan pada poros penggerak mobil yang mendeteksi jumlah putaran poros.

Kemudian data tersebut diteruskan menuju speedometer dengan menggunakan prinsip arus Eddy. Pada akhirnya hal tersebut dapat menggerakkan jarum kecepatan (analog) atau menunjukkan kecepatan dengan angka (digital).

  1. GPS

Perangkat pengukur kecepatan 90 yang menggunakan perubahan data posisi koordinat bumi yang diperoleh dari satelit GPS. Data tersebut diolah oleh prosesor menjadi informasi kecepatan 6.

Speedometer Custom

Modifikasi pada kendaraan terkadang perlu untuk mempertimbangkan beberapa hal. Salah satu yang cukup penting yakni soal keselamatan.

Adapun berbagai modifikasi pada kendaraan yang dilarang oleh pihak berwajib, diantaranya modifikasi motor dengan roda besar atau ceper. Selain itu, mengganti warna kendaraan tidak sesuai STNK dan modifikasi lainnya.

Bagi Anda yang suka modifikasi, salah satu bagian mobil yang aman untuk dilakukan modifikasi atau di-custom yakni bagian speedometer. Saat ini jasa custom speedometer di Indonesia sudah banyak, maka Anda bisa mencari yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda, serta tak lupa juga sesuai dengan budget.

Demikianlah ulasan mengenai speedometer, termasuk jenis speedometer mobil digital. Dengan mengetahui fungsinya yang cukup penting, tentu Anda tidak bisa mengabaikan perawatannya begitu saja. Semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promo SPD speedometer

Ulasan dari Ridwan Hanif (Youtuber otomotif)