Kategori artikel:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Kaca Film Mobil Depan: Apa Manfaatnya untuk Pengendara Mobil?

Kaca Film Mobil Depan – Banyak sekali orang yang suka mengendarai mobil. Alasannya terutama disebabkan ingin terhindar dari panas matahari dan juga hujan saat berkendara di jalan. Dengan meningkatnya minat tersebut, membuat banyak industri otomotif yang gencar untuk menaikkan produksi mobil tiap tahunnya.

Hal itu bukan tanpa alasan. Alasan yang paling menonjol adalah demi perawatan dan kenyamanan Anda dalam proses berkendara. Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk menciptakan rasa nyaman tersebut adalah dengan menambahkan kaca film mobil depan. Penggunaan kaca film pada mobil adalah hal yang biasa terjadi, baik bawaan pabrik maupun yang sengaja dilapisi.

Mungkin Anda pernah bertanya, haruskah mobil kita dilapisi dengan kaca film? Hal tersebut kami katakan mempunyai beberapa manfaat untuk mobil. Banyak yang mengatakan bahwa menggunakannya bisa menghemat bahan bakar. Ungkapan yang mungkin terdengar aneh dan tidak ada kaitannya. Tapi, ternyata bisa menghemat 10-20 persen karena suhu kabin yang lebih dingin.

Sehingga, AC tidak terlalu bekerja keras untuk menjaga suhu kabin tetap sejuk. Kerja AC yang tidak berat tersebut yang kemudian membuat konsumsi bahan bakar mobil Anda bisa lebih hemat. Kaca film yang cukup gelap bisa memberikan keamanan personal saat berkendara. Hal itu bisa membantu Anda meminimalisir kaca yang berhamburan jika suatu waktu terjadi kecelakaan atau benturan keras.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk menciptakan rasa nyaman tersebut adalah dengan menambahkan kaca film mobil depan. Penggunaan kaca film pada mobil adalah hal yang biasa terjadi, baik bawaan pabrik maupun yang sengaja dilapisi.

Ilustrasi kaca film mobil, sumber: pixabay.com

Apabila Anda memiliki mobil di rumah, alangkah baiknya Anda memasang pada bagian depan atau pada semua bagian jendela mobil Anda dengan kaca film. Sebab, komponen sangat membantu Anda dalam mengurangi intensitas cahaya yang masuk saat siang hari dan yang paling penting adalah mengurangi risiko terjadinya kejahatan di jalan.

Manfaat Kaca Film Mobil Depan

Kaca film mobil depan sebenarnya tidak membutuhkan perawatan khusus dan intens. Anda cukup menjaganya agar tidak terkena goresan. Sebelum itu, Anda harus memastikan bahwa kualitas kaca yang Anda gunakan memang yang rekomended.

Untuk itu, kami peringatkan agar jangan sampai tertipu dengan oknum yang menawarkan kaca film dengan harga murah. Anda harus tetap selektif dan rasional dalam memilihnya. Berikut ini kami rangkumkan manfaat kaca film yang terpasang pada mobil.

Baca juga: Ngantuk saat berkendara? Ini cara mengatasinya

1. Minimalisir Cahaya Masuk

Tujuan utama sekaligus fungsi dari pemasangan film pada mobil berbeda dengan body mobil, yakni untuk mengurangi intensitas cahaya yang masuk. Pada waktu siang, apalagi dalam kondisi sinar matahari sedang terik-teriknya, bisa membuat perjalanan Anda terganggu karena panas yang masuk ke dalam kabin mobil.

Bukan hanya itu, pemasangan kaca film pada mobil juga berfungsi untuk mengurangi intensitas cahaya yang masuk pada malam hari. Hal tersebut disebabkan banyak sekali kendaraan yang diproduksi sekarang ini yang menggunakan lampu LED yang menyebabkan silau mata saat berkendara. Namun hal itu tidak berlaku apabila Anda menggunakan kaca film.

2. Mengurangi Risiko Kejahatan Jalanan

Sekarang ini sedang marak sekali kasus kejahatan yang menimpa pengendara mobil di jalanan. Kasus kejahatan tersebut misalnya perampokan kemudian mencuri semua barang berharga yang ada di dalam mobil.

Sekarang ini sedang marak sekali kasus kejahatan yang menimpa pengendara mobil di jalanan. Kasus kejahatan tersebut misalnya perampokan kemudian mencuri semua barang berharga yang ada di dalam mobil.

Ilistrasi kejahatan di jalan, sumber: pixabay.com

Anda bisa melakukan upaya pencegahan dengan cara memasang kaca film pada mobil. Komponen tersebut bisa memberikan perlindungan kepada Anda dari penjahat di jalanan. Hal ini bisa mengurangi pandangan orang dari luar ketika melihat melalui kaca mobil.

3. Keamanan Meningkat

Saat mobil mengalami benturan, kaca film mobil depan yang telah Anda pasang akan mampu menguatkan kaca dari benturan. Hal tersebut disebabkan kaca film yang terbuat dari bahan lapis logam, polyester dan perekat khusus.

Sehingga, pada saat benturan terjadi, perekat pada kaca film akan bereaksi sehingga kaca tidak akan langsung pecah. Hal ini akan bisa mengurangi atau mengurangi kemungkinan penumpang akan terluka apabila memang terjadi kecelakaan di jalan.

4. Menjaga Privasi Penumpang

Pastinya Anda sering mengalami dilihat oleh seseorang di jalan saat Anda sedang berada dalam mobil. Tentu saja hal tersebut tidak enak bukan? Anda tentu memiliki privasi yang tidak ingin diketahui oleh orang lain, meskipun sedang di jalan.

Baca juga: Penyebab speedometer mobil mati dan cara memperbaikinya

Manfaat lain dari kaca film adalah memberikan penjagaan privasi bagi penumpang di dalam mobil. Tujuannya, agar orang-orang tidak bisa leluasa melihat isi di dalam mobil Anda sebab sudah dihalangi oleh kaca film.

5. Untuk Bergaya

Salah satu alasan kebanyakan orang memilih untuk memasang kaca film pada kendaraan mereka adalah untuk meningkatkan tampilan mobil. Memang, kaca film bisa membuat tampilan mobil menjadi lebih elegan dan eksklusif dari biasanya. Ditambah lagi variasi warna dan tingkat kegelapan yang bisa disesuaikan oleh setiap pengguna.

Salah satu alasan kebanyakan orang memilih untuk memasang kaca film pada kendaraan mereka adalah untuk meningkatkan tampilan mobil. Memang, kaca film bisa membuat tampilan mobil menjadi lebih elegan dan eksklusif dari biasanya. Ditambah lagi variasi warna dan tingkat kegelapan yang bisa disesuaikan oleh setiap pengguna.

Tunjang gaya Anda dengan kaca film, sumber: pixabay.com

Tampil beda dan bergaya tentu saja sekarang ini menjadi bagian yang cukup penting bagi setiap orang. Banyak orang yang beranggapan bahwa mobil bisa meningkatkan penampilan dan juga kegantengan pengendaranya. Untuk itu, perlu juga didukung oleh tampilan mobil yang elegan. Salah satu caranya dengan memasang kaca film.

Umumnya tidak ada hubungan antara tingkat kegelapan dengan kemampuan menangkal sinar matahari yang masuk. Untuk itulah, Anda tidak kami sarankan hanya fokus pada tingkat kegelapan saja, tapi perhatikan unsur fungsionalnya juga.

Bahkan bisa saja Anda memasang kaca film pada mobil berlapis-lapis dengan harapan bisa menangkal sinar matahari yang masuk, namun yang mempengaruhi tingkat kemampuan dalam menangkal sinar matahari adalah VLT atau visible light transmission.

VLT ini merupakan indikator yang biasanya digunakan untuk mengukur tingkat gelap dan terangnya kaca pada mobil. Kesimpulan dari semua pembahasan di atas adalah, kaca film mobil depan sangat banyak manfaatnya bagi Anda apabila dipasang. Sekian terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SPD Speedometer Jakarta

Ulasan dari Ridwan Hanif (Youtuber otomotif)