Kategori artikel:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Indikator Airbag Menyala Tiba-tiba? Ini Kemungkinan Penyebabnya!

Salah satu cara penyelamatan apabila terjadi kecelakaan saat mengemudi mobil adalah keberadaan airbag. Dalam satu kasus tertentu, indikator airbag menyala meskipun tidak terjadi apa-apa. Indikator airbag ini terdapat pada bagian speedometer. Apakah ini tanda bahwa speedometer yang bermasalah? Atau ternyata masalahnya ada pada bagian mobil lain?

Salah satu manfaat dari keberadaan speedometer pada kendaraan adalah untuk menampilkan informasi seperti kecepatan, bahan bakar, oli dan indikator keselamatan seperti indikator airbag. Tentu saja informasi ini seharusnya dapat memberikan manfaat bagi pengemudi. Tetapi bagaimana apabila indikator airbag menyala saat tidak terjadi apa-apa?

Apa itu Airbag?

Sebelum melihat lebih jauh seputar ulasan tentang indikator airbag menyala tanpa terjadi kecelakaan, tidak ada salahnya untuk mengerti apa sebenarnya fitur keselamatan berkendara yang satu ini. Memang kecelakaan itu jarang sekali bahkan tidak pernah terjadi bagi sebagian orang, sehingga terkadang fitur semacam ini tidak diketahui secara lebih dalam.

Indikator Airbag, sumber Liputan6
Indikator Airbag, sumber Liputan6

Sebagaimana makna kata yang berasal dari bahasa inggris, airbag artinya adalah bantalan udara. Bantalan udara ini dipasang sebagai fitur keselamatan yang dapat terbuka ketika terjadi benturan pada bagian depan mobil. Namun terdapat alat sensor yang bisa mendeteksi benturan sehingga secara otomatis airbag dapat terbuka.

Dilihat dari cara kerjanya, tentu saja semua pasti paham bahwa airbag ini berfungsi untuk melindungi pengemudi agar tidak terbentur dashboard saat terjadi tabrakan dari depan. Sehingga penting agar fitur keselamatan ini bisa tetap aktif dengan baik. Sehingga dapat berfungsi saat dibutuhkan.

Bagaimana cara kerja airbag? Tentu saja kita tidak berharap terjadi kecelakaan atau yang semacamnya. Berkendara secara aman, memperhatikan kondisi serta memiliki skill mengemudi yang bagus menjadi faktor keselamatan dalam berkendara. Namun jika terjadi hal yang sama sekali tidak terbayangkan, sistem keamanan pada mobil telah dibuat untuk menghindari cedera apalagi kehilangan nyawa.

Sistem keamanan yang terpasang pada mobil adalah seatbelt atau sabuk pengaman termasuk airbag. Jadi bukan airbag satu-satunya yang mengamankan pengedara dari benturan, terdapat juga sabuk pengaman agar yang melindungi agar tidak terbentur. Cara kerja airbag melalui sensor yang terpasang pada bagian kendaraan.

Apabila terjadi benturan keras, maka sensor secara otomatis akan mengaktifkan airbag. Yaitu bantalan udara akan mengembang secara cepat sehingga pengemudi yang tersentak ke depan saat benturan akan terlapisi oleh airbag dan terhindar dari komponen kendaraan yang keras dihadapannya. Begitulah kurang lebih cara kerja dari airbag ini.

Penyebab Indikator Airbag Menyala

Pemeriksaan Sistem Airbag, sumber Tempo
Pemeriksaan Sistem Airbag, sumber Tempo

Salah satu perawatan yang perlu dilakukan pada kendaraan mobil adalah memeriksa indikator-indikator pada kendaraannya. Salah satu indikator yang dapat terlihat pada speedometer adalah indikator airbag. Apa penyebab indikator airbag menyala tiba-tiba, berikut ulasannya.

1. Periksa Saklar Seatbelt

Kemungkinan penyebab pertama indikator airbag menyala tiba-tiba datang dari sistem seatbelt, tepatnya pada saklar seatbelt. Bisa jadi, sedang ada gangguan pada saklar seatbelt. Fungsi dari saklar ini adalah untuk mendeteksi apakah sabuk pengaman telah terpasang atau belum. Jika saklar seatbelt terganggu, maka lampu indikator airbag pun akan menyala.

Gangguan tersebut bisa berupa benda asing atau kotoran yang menghalangi saklar dalam mendeteksi sabuk pengaman. Untuk itu, jika Anda melihat lampu airbag menyala, cobalah memeriksa sabuk pengaman Anda apakah terdapat kotoran atau benda lain yang mengganjal atau tidak.

2. Gangguan yang Tidak Terduga

Lampu Indikator pada bagian mobil memang harus selalu dicek berkala sembari melakukan perawatan. Lampu indikator airbag mewakili SRS (Supplemental Restraint System) atau sistem pengamanan tambahan. SRS digunakan untuk menyebut sebuah perangkat keselamatan pada mobil yang umumnya berupa airbag (kantong udara) dan sabuk pengaman.

Apabila lampu indikator ini menyala namun tidak terjadi apa-apa dan airbag tidak terbuka atau berkembang, berarti ada gangguan pada sistem ini yang perlu dicari tahu penyebabnya. Anda bisa meminta bantuan montir untuk memeriksakan kendaraan Anda khususnya pada bagian ini agar indikator dapat kembali normal.

3. Kabel clock spring

Lampu indikator airbag yang menyala juga bisa dipicu masalah pada clock spring. Apa itu clock spring? Clock spring adalah sebuah komponen yang menghubungkan unit pengaturan airbag dengan driver module yang terletak pada roda kemudi. Komponen ini terpasang tepat di belakang roda kemudi.

Airbag pada Kemudi, sumber Seva.id
Airbag pada Kemudi, sumber Seva.id

Jika indikator airbag menyala, ada kemungkinan kabel clock spring mengalami masalah. Hal ini bisa terjadi saat kemudi dibongkar dan kemudian terjadi kesalahan dalam pemasangan kembali. Untuk mengatasinya, AutoFamily harus membongkar kemudi dan mengembalikan kabel clock spring pada posisi semula.

4. Kode komputer yang tidak sesuai

Pemicu indikator airbag menyala tiba-tiba yang terakhir berasal dari masalah sistem keamanan mobil sendiri. Mobil zaman sekarang kebanyakan tidak hanya dirakit dengan komponen mekanis dan kelistrikan, tetapi juga sistem komputer yang terdiri atas kode-kode rumit. SRS pun tersusun atas sistem tersebut.

Teknisi bengkel akan menggunakan alat khusus untuk mendeteksi apakah sistem komputer SRS pada mobil Anda bekerja dengan normal atau tidak. Jika memang terdapat error, teknisi akan melakukan penyetelan ulang agar SRS normal kembali.

Itu dia beberapa penyebab indikator airbag menyala oleh karena kondisi yang tidak normal. Apakah Anda juga pernah mengalami masalah seperti ini pada mobil Anda? Jika iya, segera periksakan kendaraan Anda pada layanan servis terdekat.

Simak berbagai artikel lainnya seputar speedometer serta informasi otomotif yang bermanfaat untuk Anda. Kunjungi terus website spdspeedometer dan pesan speedometer custom yang menarik dari kami. Sampai jumpa di artikel lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promo SPD speedometer

Ulasan dari Ridwan Hanif (Youtuber otomotif)