Langkah Mudah Custom Speedometer Daihatsu Luxio

blog-image

Dalam artikel ini SPD Speedometer akan membagikan tutorial custom speedometer untuk mobil Daihatsu Luxio. Apa saja yang akan di-custom dari speedometer Daihatsu Luxio ini? Simak lebih lanjut yukk...

Daftar custom yang akan dilakukan untuk speedometer :

  1. Custom Panel Speedometer
  2. Custom Lampu Panel Speedometer
  3. Custom Tampilan LCD Speedometer

Di bawah ini merupakan tampilan dari speedometer Daihatsu Luxio yang masih original. Selain sudah menggunakan LCD, jarum speedometer dari Daihatsu Luxio ini sudah berbahan akrilik dan didukung dengan lampu LED yang ada dibawahnya sehingga membuat jarum speedometer dapat menyala.

Berikut langkah langkah yang harus dilakukan untuk meng-custom speedometer Daihatsu Luxio...

Pertama yang harus kita lakukan adalah melepas dahulu speedometer dari mobil. Melepas speedometer dari mobil bukanlah hal yang sulit, kita hanya tinggal membongkar dashboard yang umumnya hanya menggunakan pengait. SPD Speedometer sudah menyediakan Removal-tool dalam setiap pembelian panel speedometer, alat ini sangat membantu dalam pembongkaran dashboard. Setelah dashboard terlepas, kita harus melepas speedometer yang masih menempel di mobil. Umumnya, speedometer masih dalam kondisi di-sekrup dengan dudukan yang ada didalam dashboard, kita hanya perlu melepas sekrup tersebut. Tidak boleh lupa... setelah semua sekrup terlepas, dibagian belakang speedometer masih ada connector dari kendaraan ke speedometer, kita juga harus melepasnya.

 

Setelah speedometer terlepas dari kendaraan, kita dapat membongkarnya dengan membuka cover mika pada speedometer, setelah terbuka simpanlah cover mika tersebut di tempat yang aman dikarenakan mika tersebut rawan untuk retak/pecah. Setelah itu kita dapat melepaskan ketiga jarum indikator yang ada pada speedometer Daihatsu Luxio ini (jarum RPM, KM, indikator suhu). Dalam melakukan pencabutan jarum ini harus dilakukan dengan hati-hati, lakukan pencabutan jarum dengan posisi vertikal (ke atas). Pada Removal-tool yang sudah dijelaskan secara singkat diatas tadi juga terdapat sisi sebelahnya yang digunakan untuk mencabut jarum speedometer.

 

Setelah semua jarum sudah terlepas kita tinggal melepaskan panel speedometer original dari tulangan speedometer. Selanjutnya kita dapat melihat bagian seperti gambar dibawah ini.

Pada bagian ini kita dapat melihat LCD speedometer yang memiliki kaki-kaki yang tersambung pada papan PCB speedometer yang berada di bawah tulangan speedometer. Selain itu dapat kita lihat mika transparan yang berada di bagian atas tulangan speedometer, mika ini berfungsi untuk merambatkan cahaya dari lampu LED yang berada di papan PCB speedometer.

Kembali lagi pada bagian LCD, banyak tipe LCD yang berbeda di setiap kendaraan (terutama mobil). Terdapat LCD yang connector-nya sudah disolder dengan papan PCB dan ada juga yang menggunakan soket. Nah... pada speedometer Daihatsu Luxio ini connector-nya menggunakan soket jadi cukup mudah saja untuk melepaskannya. Kita hanya tinggal menarik layar LCD ke atas dengan hati-hati, apabila masih terasa sulit kita bisa menggunakan removal-tool untuk mencongkelnya secara perlahan dan merata ditiap sisinya.

Langkah berikutnya, kita harus memisahkan antara tulangan speedometer dengan papan PCB speedometer. Kita ambil saja bagian papan PCB, akan tampak seperti gambar di bawah.

 

Selanjutnya mari langsung melakukan custom untuk speedometer Daihatsu Luxio ini!!!

Pertama-tama kita custom dahulu pada bagian lampu panel speedometer. Perhatikan bagian yang sudah dilingkari, disana terdapat beberapa buah lampu LED yang menjadi lampu dasar dari speedometer Daihatsu Luxio ini. Umumnya lampu dasar speedometer itu berwarna orange dan yaaa... pada speedometer Daihatsu Luxio ini lampu LED-nya masih menggunakan yang warna orange. Karena itu, kita harus mengganti dulu dengan LED berwarna putih agar warna yang dihasilkan nantinya lebih netral. LED yang digunakan disini adalah LED tipe SMD, kita dapat melepas dan memasangnya menggunakan solder dibantu dengan pinset.

 

Setelah semua lampu terpasang dan di tes hasilnya menyala semua (berwarna putih), kita tinggal satukan lagi antara papan PCB dan tulangan speedometer. Nahhh... proses custom LED sudah selesai, kita pindah ke custom LCD speedometer.

Bisa kita lihat pada LCD speedometer ini yang masih original warna background-nya  yang masih orange dengan gambar indikatornya berwarna hitam. Karena kita sudah mengganti lampu LED yang tadinya orange menjadi putih, kini lampu pada LCD pun sudah berubah menjadi putih.

Apabila kita amati dengan detail pada bagian layar LCD terdapat lapisan tipis yang berfungsi untuk menampilkan gambar yang ada di LCD. Lapisan itu disebut dengan polarizer,  nah.. custom yang akan kita lakukan adalah custom LCD menjadi negative display. Untuk itu, kita perlu memasang polarizer-nya dalam keadaan terbalik. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal kita harus melepas dulu polarizer yang aslinya dan mengganti dengan polarizer yang masih baru untuk dipasangkan kembali sehingga layar LCD terlihat seperti baru lagi. Berikut ini adalah hasil dari custom negative display. Setelah semua selesai, kita pasangkan kembali LCD dengan tulangan sekaligus papan PCB speedometer.

Terakhir, kita langsung ke pemasangan panel speedometer custom. Karena panel speedometer dari SPD speedometer sudah PnP kita hanya tinggal menggantikan panel original-nya dengan panel yang custom. Seperti gambar di bawah. Setelah itu pasangkan kembali ketiga jarum speedometer yang tadi kita lepas. Setelah terpasang semua kita bisa mencobanya dengan adaptor dan tes apakah speedometer sudah menyala dengan baik, seperti gambar di bawah ini.

Setelah semua menyala dan tanpa ada kendala, kita hanya tinggal memasang pada kendaraan. Langkah-langkah dalam pemasangan speedometer ke kendaraan sama saja seperti waktu mencopotnya. Namun, yang harus diperhatikan disini perlu dilakukan kalibrasi jarum supaya speedometer tetap akurat setelah dibongkar. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang kalibrasi jarum speedometer bisa dillihat disini Youtube SPD Speedometer.

Setelah semua terpasang,  jangan lupa untuk melakukan test drive untuk mengecek keadaan speedometer. Sekian tutorial dari SPD Speedometer, semoga bermanfaat, jangan lupa dishare dan terimakasih sudah mampir....

SUPPORTED BY